3 Ciri-Ciri Penyakit Ain yang Harus di Perhatikan

3 Ciri-Ciri Penyakit Ain yang Harus di Perhatikan

Penyakit Ain bisa menyerang dari berbagai kalangan usia, misal saja pada anak remaja, orang dewasa, orang tua, laki-laki maupun perempuan. Bahkan, situasi ini dianggap sangat merusak kesehatan manusia dari segi fisik maupun mental. Penyakit Ain sering dikenal seseorang yang dilanda sifat iri atau dengki.

Ketika seseorang terjangkit penyakit ini maka pola makan dan kestabilan mental mereka akan terganggu. Kondisi tubuh dalam jangka panjang akan mengalami kerusakan jika terjadi secara terus menerus. Lalu bagaimana membedakan penyakit ain dengan jenis penyakit lainnya?

Ciri-Ciri Penyakit Ain

Sebenarnya ada tiga ciri-ciri umum dari penyakit ain dan bisa dikenali yaitu, dan banyak disebutkan di dalam Al-Qur’an yaitu:

1.       Sakit Kepala Berpindah-Pindah

Sakit kepala pasti selalu dialami oleh semua orang. Akan tetapi jika Anda terkena penyakit Ain, sakit kepala yang dirasakan akan berpindah-pindah. Maka dari itu, dianjurkan agar membaca doa yang sering Nabi Muhammad SAW. Ajarkan kepada para sahabatnya artinya:

“Dengan nama Allah yang Maha Besar. Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung dari sakitnya darah mengalir (luka) ataupun dari buruknya panas api.” Doa ini diriwayatkan oleh Hadits Riwayat (HR) Ibnu Sunni.

Dengan membaca doa tersebut, maka sakit kepala yang dirasakan akan cepat hilang. Selain itu, buatlah diri Anda selalu berpikir positif terhadap sekitar agar penyakit tidak membuat kepala Anda menjadi sakit lagi.

2.       Emosi Berlebihan

Ketika seseorang terkena penyakit, Ia akan merasakan kegelisahan dalam dirinya. Mata yang memandang kelebihan seseorang dan merasa bahwa kelebihan orang lain itu bukanlah hal istimewa sehingga membuat kesehatan dirinya terganggu, selalu menceritakan kejelekan orang tersebut dan pada akhirnya membuat dirinya emosi secara berlebihan.

Dalam beberapa kondisi, emosi ini sulit untuk dikendalikan bahkan pada orang-orang yang tidak salah sama sekali. Penyakit ini cenderung muncul dari diri sendiri atas orang lain, terutama keinginan untuk terlihat lebih baik lagi.

3.       Sering Pucat

Seseorang terlihat pucat dikarenakan beberapa faktor seperti pekerja lapangan, tidak mandi, sakit, maupun lemas akibat belum makan. Tapi, wajah pucat yang dimaksud dikarenakan penyakit ain yang mana seseorang sering dengki kepada sesamanya sehingga Ia tidak memperhatikan kesehatan dirinya sendiri.

Al-Qur’an sendiri telah membahas hal ini, seseorang yang merasa jati dirinya telah hilang maka Ia disebut dengan orang yang sudah kehilangan mukanya. Akan tetapi semua itu bisa dikembalikan dengan wudhu dan meminta pengampunan kepada Allah swt.

Pada surat Al-Ghasiyah diterangkan bahwa wajah seseorang yang masuk neraka nantinya akan tunduk hina dan sangat jelas di wajah mereka. Itulah ciri-ciri orang yang terkena penyakit ain. Jika Anda merasa terjangkit segeralah berwudhu dan meminta pertolongan Allah swt. Agar kesehatan tubuh dan mental tidak lagi terganggu.