5 Cara Menstimulasi Kecerdasan Bahasa Anak

5 Cara Menstimulasi Kecerdasan Bahasa Anak

Kecerdasan bahasa anak adalah suatu hal yang penting dalam tumbuh kembang anak. Kecerdasan bahasa merupakan kemampuan menata dan menyampaikan pikiran melalui susunan kata, lisan, tulisan maupun membaca. Kemampuan ini akan sangat dibutuhkan si kecil karena mencangkup komunikasi hingga transfer ilmu. Yuk, simak tips menstimulasi kecerdasan bahasa anak berikut.

1.      Bernyanyi

Bernyanyi bisa menjadi salah satu stimulan berbahasa anak yang simpel sekaligus menyenangkan. Dengan bernyanyi khususnya lagu anak-anak, kosakata anak akan bertambah. Anak-anak pun sekalian berlatih mengucapkan variasi bunyi dan kata secara tepat.

Anda bisa mengajari anak bernyanyi secara langsung maupun dengar memutar lagu anak-anak. Dengan mendengar dan bernyanyi, anak akan lebih mudah menghafal lirik dengan cara yang menyenangkan dan bukan karena paksaan.

2.      Bercerita

Cara selanjutnya adalah dengan bercerita. Hal dasar yang bisa Anda lakukan adalah dengan membacakan cerita. Cerita yang Anda pilih bisa berupa dongeng, cerita dengan ilustrasi gambar, cerita dengan media boneka, dan lain-lain.

Dengan bercerita dan mendengar anak akan belajar kosakata baru dan mengenal beberapa emosi seperti gembira, sedih, dan lucu. Selain itu, dengan bercerita dapat menstimulasi imajinasi dan kreativitas anak.

3.      Bermain Peran

Kecerdasan bahasa anak juga bisa dilatih dengan bermain peran. Bermain peran dapat menstimulasi kemampuan menempatkan cara berkomunikasi sesuai dengan peran dan situasi dan mengekspresikan diri anak.

Peran yang dimainkan pun bisa dari hal sederhana, seperti menjadi seorang ibu, reporter, dokter, koki, pelayan, dan lain-lain. Hal ini juga bisa digunakan untuk memberi tahu anak tentang lingkungan sekitar dan empati terhadap orang lain.

4.      Menggambar

Menggambar atau dengan media gambar bisa jadi solusi menstimulasi anak dalam berbahasa. Tunjukkan gambar pada anak dan ucapkan artinya kemudian meminta anak untuk mengulanginya. Hal ini guna menambah kosakata anak. Setelah anak tahu tentang kata-kata, Anda bisa mendorong anak untuk membuat kalimat dengan kata tersebut.

Anda juga bisa menemani dan bermain dengan anak menggambar kemudian mengajak anak untuk menceritakan arti gambar tersebut. Anda juga bisa menyisipkan informasi dan ilmu tambahan dari gambar tersebut.

5.      Membaca dan Menulis

Kegiatan ini bisa dilakukan untuk anak yang sudah mulai mengerti baca tulis. Membiasakan anak untuk membaca akan menstimulasi daya imajinasi anak dan menambah kosakata. Anda bisa menyajikan buku bacaan sesuai dengan minat anak.

Selain itu menulis juga bisa menstimulasi kecerdasan bahasa anak dengan mengajari anak cara menulis dan menyusun kata yang baik. Anda bisa memulai meminta anak untuk menulis dari hal sederhana seperti pengalamannya di sekolah, bermain bersama teman, maupun ketika berlibur.

Itu dia tips menstimulasi kecerdasan bahasa anak yang bisa Anda terapkan. Kecerdasan anak sangat diperlukan karena dapat membawa anak pada kemampuan menyampaikan pikiran, keinginan, dan pendapatnya,