Mengetahui Apa Saja Penyebab Anak Sembelit

Mengetahui Apa Saja Penyebab Anak Sembelit

Para orang tua tak jarang ada yang belum mengetahui penyebab anak sembelit. Bagi orang dewasa saja sembelit merupakan masalah kesehatan yang terbilang menyusahkan. Pasalnya perut akan membuncit serta terasa sangat begah. Terlebih untuk anak-anak yang tentunya akan mengekspresikan emosi dengan menangis atau bisa rewel.

Berbicara tentang sembelit, normalnya anak-anak berusia balita akan BAB sebanyak tiga kali dalam satu minggu. Tetapi kala anak BABnya tiga hari satu kali atau bahkan hanya seminggu sekali, itu sudah termasuk gejala sembelit atau konstipasi. Salah satu penyebab konstipasti atau sembelit yang sering dialami anak-anak adalah gaya hidup mereka.

Permasalahan sembelit pada anak

Meskipun termasuk masalah kesehatan, rupanya sembelit yang terjadi ada anak merupakan permasalahan umum. Anak yang sedang mengalami sembelit nantinya buang air besar cukup jarang atau feses keras atau kering. Adapun penyebab umumnya sendiri termasuk toilet training yang terlalu awal serta perubahan pada pola makanya. Beruntung sebagian kasus sembelit yang terjadi pada anak sifatnya sementara.

Penyebab masalah sembelit pada anak

Terdapat sejumlah alasan mengapa seorang anak mengalami masalah sembelit. Di antara penyebabnya tersebut adalah diet serta gaya hidup yang meliput :

  1. Makanan

Anak bisa mengalami sembelit lantaran dia makan terlalu banyak menu makanan yang terdapat kandungan lemak cukup tinggi namun rendah akan seratnya. Ini termasuk makanan nirnutrisi, makanan cepat saji hingga minuman ringan. Anak-anak tak minum cukup air maupun cairan lain. Anak mempunyai perubahan dalam pola makan termasuk saat bayi berubah dari ASI eksklusif menjadi susu formula atau saat mereka mulai memakan makanan jenis padat.

  1. Kurangnya berolahraga

Anak-anak yang sering menonton TV serta bermain video permainan daring tak mendapatkan hasil yang cukup olahraga. Padahal olahraga membantu memindahkan makanan yang anak cerna lewat saluran usus. Untuk inilah penting bagi anak-anak rajin melakukan olahraga.

  1. Masalah terkait emosional

Permasalahan sembelit rupanya bisa terjadi saat anak tak ingin memakai kamar mandi jenis umum. Kemudian anak-anak bisa menahan kebutuhan buang air besar yang menyebabkan terjadinya sembelit. Penyebab lainnya yaitu lantaran mereka melewati proses toilet training. Ini dapat menjadi waktu yang terbilang sulit untuk sejumlah balita.

Dari situlah kemungkinan mereka menahan pergerakan usus dalam tubuh dengan sengaja. Bisa juga anak-anak merasa stress lantaran pelajaran sekolahnya, keluarga ataupun teman-temannya.

  1. Anak dengan kegiatan sibuk

Sejumlah anak tak memperhatikan sinyal yang tubuh berikan untuk melakukan buang air besar. Ini kemungkinan terjadi ketika mereka tengah sibuk bermain sehingga lupa pergi ke kamar mandi.

Permasalahan tentang sembelit jangan dianggap sepele oleh orang tua. Dengan mengetahui penyebab terjadinya sembeli pada anak, orang tua bisa melakukan upaya pencegahan. Apabila sudah terlanjur sembelit maka perlu untuk dibawa ke dokter agar segera terobati.