Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Toyota Raize Ini Sebelum Membeli

Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Toyota Raize Ini Sebelum Membeli

Berbicara soal dunia otomotif di Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Hampir setiap tahun para pabrikan otomotif berlomba-lomba memproduksi mobil dengan beragam fitur, salah satunya adalah Toyota Raize. Sepintas mobil ini hampir mirip seperti Daihatsu Rocky, hanya saja terdapat perbedaan pada beberapa bagian minor. Jika Anda sedang mencari teman perjalanan keluarga, sepertinya mobil ini bisa menjadi pilihan tepat.

Mobil tersebut diluncurkan dalam tiga varian, yakni 1.0 Turbo GR Sport, 1.0 Turbo G, dan 1.2 G. Pada kali ini akan dibahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangannya sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda sebelum memutuskan membeli. Hal tersebut karena setiap orang tentu memiliki selera serta bahan pertimbangan berbeda-beda satu sama lain.

Kelebihan Toyota Raize

  1. Fitur keselamatan yang mumpuni

Satu hal yang cukup menonjol dari mobil ini adalah fitur keamanannya. Toyota memang cukup memikirkan sektor ini. Hal tersebut diwujudkan dengan adanya fitur TSS atau Toyota Safety Sense. Fitur keamanan tersebut bisa dibilang cukup lengkap dan hanya terdapat dalam mobil keluaran Toyota tingkat atas agar membantu pengendara merasakan perjalanan lebih nyaman.

Lalu, apa saja bentuk dari TSS tersebut? Beberapa di antaranya adalah fitur adaptive cruise control, pre-collision system, lane departure alert, rear cross traffic alert, pedal miss operation control, serta blind spot monitor. Setiap fitur tersebut memiliki tugas masing-masing. Sebagai contoh, fitur lane departure alert berfungsi memberikan peringatan kepada pengemudi apabila mobil keluar jalur lalu melakukan koreksi secara otomatis.

  1. Adanya fitur adaptive cruise control

Fitur adaptive cruise control sebenarnya termasuk dalam TSS, namun cukup pantas mendapatkan sorotan. Wajar saja karena fitur ini biasanya tidak terdapat pada mobil seharga di bawah 300 juta. Adaptive cruise control mampu membaca adanya kendaraan di depan serta mengatur jarak aman dengannya. Fitur ini sangat membantu terutama di jalanan padat ataupun cuaca berkabut.

  1. Pelek berukuran besar

Pelek yang digunakan pada mobil ini memiliki ukuran cukup besar sehingga bisa memunculkan kesan gagah. Berukuran 17 inci, pelek tersebut menjadi paling besar di antara keluaran Toyota lainnya. Selain ukurannya besar, pelek ini juga memiliki desain menarik sehingga enak untuk dilihat. Terlebih lagi oleh adanya finishing hitam full, meskipun masih tetap bisa dikembangkan lagi.

  1. Memiliki ground clearance cukup baik

Mengusung konsep SUV kompak, mobil ini mempunyai ground clearance cukup tinggi. Bahkan, menurut catatan mobil tersebut mempunyai jarak terendah ke permukaan jalan setinggi 200 mm. Jika dibandingkan dengan Rush memang masih kalah, akan tetapi ukuran tersebut sudah cukup baik. Ground clearance memegang peran penting ketika berkendara di jalanan tidak rata.

  1. Ukuran bagasi luas

Ketika melakukan perjalanan jauh, mungkin Anda membutuhkan ruang bagasi yang luas sebagai tempat menaruh barang-barang bawaan. Hal ini benar-benar disediakan oleh Mobil Raize. Penggunaan konsep bagasi bertingkat menjadi sebuah sorotan tersendiri karena jarang ditemui pada kendaraan serupa. Walaupun terlihat remeh, namun pengaturan ini bisa menambah luas bagasi secara signifikan.

  1. Pilihan warna beragam

Beberapa pengguna tidak hanya memilih kendaraan berdasarkan spesifikasinya saja, melainkan juga pilihan warna. Menariknya, mobil ini dirilis dalam berbagai varian warna, antara lain Red, Yellow, White, Black, Gray Metallic, Turquoise, dan Silver Metallic. Tentu saja banyaknya varian tersebut akan memanjakan para penggunanya karena bisa memilih sesuai selera masing-masing.

Kekurangan Toyota Raize

  1. Harga lumayan tinggi

Jika dilihat dari sudut pandang tertentu, memang mobil tersebut memiliki harga cukup tinggi, yakni di kisaran 200—260 juta. Akan tetapi, tentu saja angka tersebut sebanding dengan fitur-fitur yang dihadirkan. Sebagai contoh, pengguna sudah bisa menikmati fitur TSS di mana fitur tersebut biasanya hanya dihadirkan pada mobil seharga 300 juta ke atas.

  1. Tidak terdapat ventilasi AC belakang

Meskipun tidak terlalu berpengaruh, beberapa pengguna mungkin akan sedikit terganggu dengan hal ini. Hal ini karena tidak adanya ventilasi AC pada penumpang baris kedua seperti mobil pada umumnya.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai beberapa kelebihan serta kekurangan Toyota Raize. Setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda sudah bisa memutuskan apakah mobil ini cocok dipilih atau tidak. Akan tetapi, sepertinya mobil ini memang layak dimiliki mengingat fiturnya sudah sangat lengkap.